Minggu, 29 Agustus 2010

Tradisi Ramadhan Di Sudan : Berbuka Bersama Sepanjang Ramadhan


Tiap daerah dan negara mempunyai tradisi Ramadhan yang beragam dan memiliki keunikan tersendiri. Di Sudan, jarang sekali kaum Muslim yang berbuka puasa di dalam rumah. Mereka selalu melakukan buka puasa di halaman rumah, bersama-sama dengan tetangga-tetangga Muslim mereka.

"Ini adalah salah satu fitur yang baik dari Ramadan di seluruh bagian di Sudan di mana orang tertarik untuk buka puasa mereka dalam kelompok-kelompok di luar rumah mereka. Ini adalah tradisi sosial yang telah kita warisi dari nenek moyang kita," kata Imad Eddin Babikir Ahmed, seorang warga Sudan dari daerah Khoujalab, sekitar 22 km sebelah utara ibukota Khartoum. Hal ini, katanya mengindikasikan solidaritas, kohesi dan kemurahan hati masyarakat.

Menjelang buka puasa, orang-orang berdatangan membawa makanan dan minuman. Bila tidak di halaman seorang warga, maka acara buka puasa akan digelar di depan masjid atau ruang kosong dekat jalan utama, untuk mengundang orang yang lewat dan orang miskinbergabung dan berbagi makanan dengan mereka.

Tak jarang, ini menyajikan pemandangan yang elok di sepanjang jalan dari pusat kota Khartoum menuju daerah pingiran sejauh puluhan kilometer. Tanpa putus, kelompok warga menggelar buka puasa bersama di sepanjang jalan. Acara berbuka selesai, para pemuda sigap membersihkan sisa-sisa makanan di atas tikar untuk kemudian menggelar shalat Maghrib berjamaah.

Haji Mohamed El-Zain, seorang warga Sudan, mengatakan bahwa Ramadhan adalah saat yang mereka tunggu-tunggu. "Kami menunggu Ramadhan tahun demi tahun untuk melakukan tradisi sosial yang kami wariskan dari ayah kami dan kakek moyang kami."

Tradisi ini merupakan fitur dari kerjasama dan solidaritas antara warga Sudan. Orang miskin dan kaya bersama-sama menikmati makanan yang sama dan minuman.

Namun, meskipun kemauan masyarakat Sudan untuk melestarikan tradisi di bulan Ramadan, termasuk kelompok buka puasa di jalan umum, beberapa kelompok masyarakat, terutama di kota-kota besar, mulai berangsur-angsur meninggalkan tradisi ini. "Mereka yang tinggal di kompleks pemukiman real estat umumnya berbuka di dalam rumah, meninggalkan tradisi berbuka secara komunal," ujar Nour Al-Huda Ahmed, seorang pemuda Sudan.

Sumber : Republika.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar